Cara Merawat Spare Parts agar Tidak Mudah Rusak

Motor merupakan kendaraan pribadi yang fleksibel. Anda bisa mendapatkannya lebih mudah dibandingkan membeli mobil. Kendaraan roda dua ini memiliki komponen yang dinamakan dengan spare parts. Anda perlu melakukan perawatan dengan maksimal agar tidak mudah mengalami kerusakan. Ini cara perawatan yang bisa diterapkan.

  1. Periksa Kondisi Rem

Anda perlu melakukan pemeriksaan pada bagian rem motor. Komponen ini merupakan bagian yang penting. Anda bisa memeriksanya dari cakram atau tidaknya rem pada motor. Lihat dari kekuatan rem dalam menjepit komponen berputar pada motor dan komponen diamnya.

Selain itu lihat juga rem tromol yang mekanisme pengeremannya membuat tekanan satu arah menimbulkan gesekan. Lihat kondisi cairan rem pada roda depan dan belakang. Jangan sampai Anda lupa mengeceknya karena akan berisiko pada bagian kanvas rem.

  1. Perhatikan Rantai motor

Cara berikutnya untuk merawat spare parts motor adalah dengan memperhatikan rantai motor. Tidak perlu terlalu kencang rantainya harus ada posisi renggang dengan jarak 1 sampai dua sisi rantai agar roda bisa berputar dengan aman. Cara perawatan rantai ini dengan memperhatikan kebersihannya. Berikan pelumas secara rutin menjadi cara yang paling ampuh untuk merawatnya.

  1. Ban

Cara merawat bagian spare parts selanjutnya adalah memperhatikan tekanan ban. Anda harus memastikan stabilitas tekanan angin ban jangan sampai kurang dari normal karena risikonya akan cepat menyerap panas. Akibatnya ban akan mudah mengalami kerusakan atau pun pecah. Lakukan pemeriksaan tekanan ban ini setiap dua minggu sekali ke bengkel motor.

Perhatikan juga ketebalan ban motor Anda pastikan tidak kurang dari 1-2 mm. Jika sudah kurang segera melakukan penggantian sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah pada bagian lainnya. Jangan lupa untuk memeriksa sekeliling ban mana tahu ada batu, paku, atau besi yang menempel. Bersihkan juga ban yang terkena oli dengan air.

  1. Kondisi Oli mesin

Mesin motor akan aman jika oli mesin dijaga dengan baik. Oli yang selalu bersih akan melakukan filter dengan dengan baik sehingga mesin menjadi lebih awet. Kebersihan oli mesin akan menjadi pelumas gesekan antara komponen mesin agar tidak terjadi kerusakan. Lakukanlah pengecekan oli secara rutin agar tidak terjadi pembekuan.

  1. Pengecekan Aki

Langkah selanjutnya untuk melakukan perawatan adalah dengan mengecek kondisi aki. Pengecekkan perlu dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali. Mengingat daya tahan aki hanya maksimal untuk pemakaian 2,5 tahun. Anda perlu rutin menambahkan air aki dan pastikan ketinggian air aki berada di bawah garis minimumnya.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan tegangan minimal 12.4 V. Jika tegangan ini jauh berkurang tambahkanlah muatan listrik dengan menyetrum ulang. Anda bisa melakukan ini dengan mendatangi bengkel terdekat. Selain itu jaga juga kebersihan aki dari debu agar tidak mudah berkarat.

  1. Keamanan Busi

Busi merupakan bagian dari spare parts motor yang mudah mengalami kerusakan. Anda penting sekali melakukan perawatan pada busi ini dengan hati-hati saat mengendarainya di musim hujan. Jangan sampai ada bagian rongga busi yang kemasukan air. Apa lagi jika motor sudah sering mengalami mogok maka Anda harus sangat waspada karena ini menjadi pertanda kerusakannya.

Semua cara perawatan spare parts ini perlu dilakukan dengan teliti. Anda tidak perlu terburu-buru dan merasa panik. Cukup membawa motor ke bengkel resmi untuk dilakukan servis dan semua bentuk perawatan yang dibutuhkan. Anda bisa mencari motor dengan kualitas terbaik di website yamaha-motor-co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *