Cara Terbaik Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Anak-anak jauh lebih rentan terkena penyakit dibandingkan orang tua. Biasanya, penyakit yang sering menimpa adalah pilek dan batuk. Kalau sudah begini, Anda sebagai orang tualah yang akan bingung. Oleh sebab itu Anda harus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tak mudah terserang penyakit. Ini dia caranya!

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisinya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas si kecil adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Pada bayi, ASI sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Sedangkan untuk yang lebih besar, tentu tidak. Anda bisa memberikan paduan buah dan sayur yang baik untuk kesehatan dan perkembangannya.

Ada banyak sayur dan buah yang bisa Anda berikan seperti bayam, wortel, apel dan alpukat. Beberapa jenis sayur tersebut juga mengandung fitonutrien yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memproduksi sel darah putih lebih baik. Namun, pastikan Anda memberikannya dalam porsi yang sesuai. Sebab, kalau terlalu banyak juga tak baik.

  1. Pantau Waktu Tidurnya

Selain mencukupi gizi, Anda juga harus pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup. Orang yang memiliki waktu tidur yang kurang biasanya akan memiliki sistem daya tahan tubuh yang lemah dan seringkali gagal melawan serangan virus, bakteri hingga sel kanker.

Hal ini tentunya juga berlaku pada anak-anak. Ketika bayi, mereka membutuhkan waktu tidur lebih kurang 18 jam dalam sehari. Sedangkan di usia balita, mereka butuh waktu tidur sekitar 12 sampai 13 jam sehari. Anak usia prasekolah membutuhkan waktu tidur lebih kurang 10 jam sehari. Bila anak tak bisa tidur siang, usahakan tidur malamnya lebih awal.

  1. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Tentu saja, Anda juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar untuk membuat orang di sekitar rumah, termasuk anak-anak tetap sehat. Rutinlah membersihkan tangan dengan tisu basah atau air. Selain itu, usahakan juga jaga kebersihan binatang peliharaan dan kandangnya. Kalau si kecil terluka, segera obati juga.

  1. Olahraga

Cara terbaik lainnya untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh si kecil adalah dengan mengajaknya berolahraga. Tak usah yang berat, olahraga ringan seperti jalan kaki keliling kompleks saja sudah cukup asal dilakukan secara rutin. Kalaupun susah, Anda bisa mengajak si kecil bermain di taman saja.

  1. Jauhkan dari Asap Rokok dan Kendaraan

Asap rokok ataupun asap kendaraan tak bagus untuk sistem pernapasan anak. Kalau sudah mendapatkan paparan dari asap ini, anak akan lebih mudah terserang penyakit seperti bronkitis dan asma. Dibandingkan orang dewasa, mereka jauh lebih rentan. Oleh sebab itu, usahakan jauhkan mereka dari paparan asap rokok dan kendaraan.

  1. Kurangi Pemberian Antibiotik

Pemberian antibiotik memang mampu meningkatkan daya tahan si kecil terlebih ketika ia sakit. Hanya saja, Anda juga tak boleh sering-sering menggunakannya dan jangan berlebihan. Pemberian yang berlebihan malah akan membuat bahaya pada tubuh si kecil. Anak bisa mengalami resistensi antibiotik dan membuat bakteri kebal terhadap obat.

Tentunya, hal ini bisa berakibat bahaya pada tubuh si kecil. Sebab, bakteri akan lebih susah dibasmi ketika sakit karena ia telah mengalami mutasi sehingga jadi lebih kebal terhadap obat. Oleh sebab itu, setiap anak sakit, jangan langsung berikan antibiotik. Carilah cara yang lainnya lebih dulu karena itu akan lebih baik.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh si kecil. Selain dengan cara itu, ada baiknya selagi masih kecil Anda memberikan imunisasi dan vaksin pada anak. Vaksin bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh si kecil terhadap penyakit tertentu sehingga tubuhnya bisa lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *