Pahami 6 Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Mobil All Risk

Kebutuhan akan perlindungan mobil Anda dapat dilihat dari tingkat kriminalitas atau tingkat kepadatan lalu lintas. Terlebih lagi bagi Anda yang sering bepergian menggunakan mobil. Tak mengherankan jika kini produk asuransi mobil semakin diminati. Namun sebelum itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan hal berikut sebelum beli asuransi mobil all risk.

  1. Ketahui Anggaran Anda, Apakah Memungkinkan atau Tidak

Jika dilihat dari jenis perlindungannya, biaya premi asuransi mobil all risk tentunya jauh lebih mahal dibanding asuransi TLO. Bahkan pembayaran premi asuransi biasanya dilakukan 1 tahun sekali. Untuk mobil keluaran terbaru seharga 200 juta biasanya membutuhkan biaya premi 3 juta setiap bulannya.

Jadi agar tidak memberatkan, pastikan Anda mengetahui berapa anggaran yang Anda miliki dan sesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Terlebih lagi proteksi akan sebuah kendaraan terbilang cukup penting mengingat aset bergerak cenderung rawan terhadap risiko. Jadi jika Anda sudah siap membeli mobil, Anda juga harus siapkan dana untuk membeli asuransi.

  1. Bandingkan Semua Produk dan Pilih yang Terbaik dan Terpercaya

Besarnya premi asuransi all risk memang menjadi salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan. Namun manfaat dan reputasi perusahaan juga merupakan poin lain yang wajib Anda perhitungkan. Sebab reputasi perusahaan ini nantinya cukup berpengaruh terhadap proses klaim asuransi. Jadi pastikan pilih produk asuransi mobil yang terbaik dan terpercaya.

Dengan mempertimbangkan semua produk dan reputasi perusahaan, maka Anda bisa mendapatkan produk asuransi yang tepat pada perusahaan asuransi yang berkualitas. Terlebih lagi sekarang ini proses membandingkan ini bisa dengan mudah Anda lakukan melalui internet. Pilih produk terbaik dengan premi murah namun mampu memberikan manfaat yang maksimal.

  1. Perhatikan Testimoni dan Reputasi agar Tak Mengecewakan

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui reputasi sebuah perusahaan adalah dengan memperhatikan reputasi pelanggan yang pernah menggunakan produk tersebut. Khususnya untuk masalah yang berkaitan dengan proses klaim asuransi. Jika jaringan bengkel luas dan proses klaim mudah, maka perusahaan asuransi tersebut bisa dipercaya.

  1. Tidak Meng-cover Semua Risiko

Kebanyakan orang mungkin berpikir jika asuransi all risk akan meng-cover risiko apa saja yang terjadi pada kendaraan Anda. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Pasalnya ada beberapa risiko yang tidak termasuk ke dalam pertanggungan asuransi all risk. Jadi sebelum mengetahui pastikan Anda mengetahui apa saja bentuk pengecualian asuransi tersebut.

Misalnya adalah perlindungan terhadap aksesoris kendaraan Anda. Ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan layanan ini namun ada juga perusahaan asuransi yang tidak memberikan perlindungan semacam ini. Jadi pastikan perhatikan dulu jangkauan perlindungan yang akan didapat.

  1. Ketahui Biaya Own Risk (OR)

Biasanya jika kerusakan terjadi akibat kelalaian pribadi, perusahaan asuransi tersebut akan meminta Anda untuk membayar biaya OR sejumlah yang sudah ditentukan. Bahkan biaya ini juga termasuk ke dalam asuransi TLO lo. Jadi sebelum membeli asuransi all risk, pastikan ketahui dulu mengenai biaya OR yang mungkin Anda bayarkan.

  1. Perhatikan Pengecualian

Semua jenis asuransi tentunya memiliki beberapa risiko yang tidak menjadi pertanggungan. Contohnya seperti kehilangan atau kerusakan yang disebabkan karena keausan, kerusakan yang disengaja, dan lain sebagainya. Maka ada baiknya Anda ketahui dulu apa saja risiko yang tidak ditanggung oleh jenis asuransi yang Anda beli.

Jadi pada intinya sebelum membeli produk asuransi mobil all risk, pastikan Anda memperhatikan beberapa poin di atas agar tak kecewa di kemudian hari. Jangan sampai Anda membayar premi yang mahal namun tidak bisa mendapatkan manfaat secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *