Tips Menentukan Besaran Dp Motor yang Ideal

Motor menjadi kebutuhan setiap orang yang memiliki kegiatan bepergian setiap harinya. Dengan sepeda motor, berbagai aktifitas bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Karenanya motor menjadi produk laris manis di pasaran. Belum lagi dukungan leasing yang menyediakan jasa pembelian secara kredit semakin mempermudah masyarakat untuk membeli motor idaman. Dengan pembelian secara kredit, Anda tak perlu memiliki uang sejumlah harga motor, namun cukup dengan nilai dp motor yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keleluasaan.

Kredit motor memberikan kesempatan bagi mereka yang belum memiliki uang penuh untuk membeli motor namun membutuhkan kendaraan dengan segera. Saat ini banyak perusahaan leasing yang semakin mempermudah proses kredit dengan merendahkan uang muka yang bisa dibayarkan. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan dana paling minimal untuk memiliki motor dengan segera. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa semakin sedikit uang muka yang dibayarkan di awal maka akan semakin besar jumlah angsuran setiap bulannya. Anda juga perlu memperhitungkan masa kredit atau tenor untuk menyesuaikan kemampuan membayar angsuran.

Bagi Anda yang akan membeli motor dengan sistem kredit, perlu memikirkan mengenai berapa besaran uang muka yang sebaiknya dibayarkan agar jumlah angsuran tidak terlalu besar dan juga tidak memberatkan finansial Anda. Berikut ini adalah tips untuk menentukan besar dp motor agar ideal dengan kemampuan dan nominal angsuran yang optimal:

  • Semakin besar akan semakin baik.

Jika memungkinkan maka bayarkan uang muka dengan nominal yang paling besar, misalnya 50 persen atau 60 persen sehingga angsuran yang harus Anda bayarkan bisa semakin ringan. Agar kredit cepat selesai, Anda juga bisa memilih tenor yang paling pendek misalnya 11 kali angsuran.

  • Disesuaikan dengan jumlah angsuran yang ingin dibayarkan.

Memiliki beban angsuran sudah terlalu banyak maka Anda harus juga memperhitungkan angsuran kredit motor nantinya. Jika uang muka terlalu rendah, maka Anda harus mengimbangi dengan mengambil tenor yang lama agar angsuran menjadi kecil.

  • Dp minimal.

Jika tak memiliki uang untuk dp dalam jumlah besar, maka Anda bisa mengambil dp minimal sesuai dengan uang yang dimiliki. Agar tak banyak selisih nominal total kredit dengan harga cash, ambil tenor paling rendah misalnya 12 kali. Namun tentu saja jumlah angsuran akan menjadi lebih besar.

Beberapa point di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin kredit motor namun bingung apakah akan membayar dp dengan nominal minimal ataukah nominal yang besar. selain itu kini juga ada cara baru membeli motor secara kredit yaitu dengan menggunakan situs Moladin. Moladin melayani pembelian secara kredit dari dp motor rendah hingga nominal tinggi yang bisa disesuaikan dengan keleluasaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *